Support

Jumat, 30 Januari 2015

Filled Under: , , , , , , , , , , , , , , ,

Partisi Hard Disk



Partisi Yaitu : Partisi (Bahasa Inggris: Partition), dalam sistem berkas dan manajemen media penyimpanan adalah sebuah bagian dari memori atau media penyimpanan yang terpisah secara logis yang berfungsi seolah-olah bagian tersebut terpisah secara fisik. Media penyimpanan yang dapat dipartisi adalah memori (baik itu memori fisik ataupun memori maya oleh manajer memori sistem operasi), hard disk, magneto-optical disk (MO Disk), dan beberapa flash memory. Meskipun demikian, istilah partisi saat ini digunakan untuk merujuk pada bagian dari hard disk. Bila Anda memformat hard disk, Anda biasanya dapat memilih jumlah partisi yang anda inginkan. Komputer akan mengenali setiap partisi disk terpisah, dan masing-masing akan muncul di bawah "My Computer" (Windows) atau pada desktop (Macintosh).

Jadi mengapa anda ingin membuat beberapa partisi? Nah, ada dua alasan utama. Salah satunya adalah jika Anda ingin memiliki sistem operasi pada komputer Anda. Biasanya, sebuah sistem operasi harus diinstal pada partisi sendiri sehingga tidak akan konflik dengan sistem operasi lain pada mesin. Alasan lain adalah bahwa beberapa partisi dapat meningkatkan efisiensi hard disk Anda. Pada disk lebih besar, ukuran cluster atau blok (yang merupakan jumlah minimum ruang file yang bisa mengambil), lebih besar dari pada disk kecil. Hal ini dapat mengakibatkan pemborosan ruang disk jika Anda memiliki banyak file kecil. Jadi membuat beberapa partisi benar-benar dapat memberikan ruang lebih banyak. banyak orang tidak begitu memahami apa fungsi dari partisi.


Dalam tabel indeks ini kita menyimpan informasi bahwa sebuah file disimpan pada cylinder, track, sector,dan block pada fisik dari HD. Jadi ketika dibutuhkan komputer tidak mencari file tersebut di HD tetapi cukup mencari di indeks dan ketika diketahui posisi disimpannya dimana barulah data secara fisik diakses.
Dalam penginstalan sistem operasi akan ada pilihan untuk mempartisi harddisk  guna untuk keamanan data, menurut saya sangat perlu. nah jenis partisi yang disediakan adalah :


1. primary partisi

pada partisi ini diberikan sebuah system operasi agar dapat diboot pada awal pembootingan yang berfungsi sebagai master, biasanya disebut drive C.
2. extended partisi

Apa sih extended partisi tersebut ?
extended partisi adalah partisi pada harddisk yang berfungsi membatasi antara primary partisi dengan logikal partisi.
seberapa penting sih extended partisi?
penting banget kali yaa, selain sebagai pembatas, jika kita salah dalam memposisikan letaknya maka ini akan berakibat fatal apalagi dalam penginstalan linux seperti fedora, jika extended partisi berada didepan boot partisi, maka system akan gagal dalam melakukan bootingnya karna dalam kondisi ini yang dibaca sebagai primary partisi adalah extended partisi tersebut.
3. logikal partisi

partisi ini adalah partisi bagian dari extended partisi, dalam partisi ini tidak terdapat operating system kayak primary partisi atau bisa dibilang ini partisi yang fungsinya untuk penyimpanan data doang.
Sedangkan, Berikut ini berbagai macam bentuk format partisi dan penjelasan singkat :
·
FAT (File Allocation Table)
Merupakan format partisi yang sudah cukup tua, digunakan sebagai standar pada saat sistem operasi masih menggunakan DOS. Saat ini masih digunakan pada disket floppy untuk mengatur partisinya.
· FAT16
Perkembangan dari bentuk partisi FAT, dimana satu block data sekarang bisa menyimpan 16bit data. Jenis format partisi ini digunakan pada Windows95 & Windows95C.
· FAT32
Merupakan pengembangan dari FAT16, dimana sekarang satu block data bisa menyimpan 32bit data. Jenis format partisi ini pertama kali digunakan pada Windows98.
· NTFS (New Technology File System)
Sebuah jenis format partisi baru yang pertama kali digunakan pada Windows2000 dimana tingkat keamanan dari penyimpanan file dioptimalkan. Versi Windows yang lebih rendah dari Windows2000 tidak dapat membaca jenis format partisi ini.
· Linux Ext2
Jenis format partisi yang digunakan oleh Linux.
· Linux Ext3
Pengembangan dari Ext2, dan banyak digunakan saat ini oleh versi-versi Linux baru, dimana tingkat keamanan penulisan file dioptimalkan.
· Linux Swap
Jenis format partisi khusus untuk linux untuk melakukan proses swapping saat beroperasi, biasanya besarnya sekitar dua kali besar RAM yang terpasang pada komputer tersebut.
 smbr:USI FE Unair.

Jasa Data Recovery Hard Drive Yogyakarta, Solo, Semarang

0 komentar:

Posting Komentar