Support

Minggu, 25 Januari 2015

Filled Under: , , , , , , , ,

Masa Depan Penyimpanan Solid State pada Komputer Laptop

Data Recovery Yogyakarta

Hard disk solid state hibrida Seagate menyajikan kebutuhan penyimpanan pada perangkat portabel, laptop, dan komputer notebook.
Media penyimpanan hard disk solid state (SSD) mulai memenuhi harapan akan kinerja cepat pada berbagai perangkat, mulai dari PC laptop hingga smartphone. Pengadopsian media penyimpanan solid state ini juga telah membangun rasa optimisme yang kuat akan potensinya menjadi bentuk dominan sebuah penyimpanan, bahkan mengalahkan penyimpanan berbasis hard disk.
 
Namun, pandangan objektif mengenai pasar media penyimpanan belum mendukung hal ini. Dengan lokalitas di mana komputasi berlangsung, para analis memperkirakan bahwa dua per tiga dari seluruh perangkat komputasi akan didominasi oleh ponsel dan tablet pada tahun 2015–maka akan semakin sulit bagi perusahaan chip flash untuk melayani semua master secara realistis dan hemat biaya. Akan lebih masuk akal jika mempertimbangkan solid state sebagai teknologi yang memungkinkan untuk dapat melayani kebutuhan penyimpanan pada perangkat portabel dengan baik dan membantu lebih memaksimalkan kinerja penyimpanan hard disk konvensional yang digunakan di laptop.

Membandingkan permintaan terhadap produksi

Mari lihat sejumlah angka. Kapasitas penyimpanan satu exabyte sama dengan satu juta terabyte, atau satu miliar gigabyte. Total pasar penyimpanan hard disk PC laptop yang tersedia di seluruh dunia pada tahun 2010 sebesar 69 exabyte dan diperkirakan akan tumbuh hingga 95 exabyte pada tahun 2011.1 Itu merupakan kapasitas penyimpanan yang sungguh besar. Terlebih, kapasitas rata-rata hard disk notebook diperkirakan tumbuh dari sekitar 300 GB pada tahun 2010 hingga lebih dari 359 GB pada tahun 2011.1 Para pengguna laptop menginginkan kapasitas lebih, bukan sebaliknya.

Memori flash NAND merupakan komponen penyimpanan SSD. Pemikiran konvensional oleh beberapa kalangan di pasar penyimpanan mengatakan bahwa di tahun-tahun mendatang SSD akan mulai menggantikan hard disk dalam jumlah yang signifikan pada PC laptop. Namun, perlu diingat bahwa di tahun 2010 seluruh industri memori flash NAND memiliki cukup kapasitas yang terinstal untuk menghasilkan media penyimpanan lebih dari 11 exabyte. Lebih dari 10 exabyte (93%) darinya digunakan pada perangkat konsumen seperti smartphone, tablet, dan kartu SD.1 Hanya 0,86 exabyte (7%) NAND yang digunakan pada SSD.1

Kapasitas produksi memori flash NAND diperkirakan tumbuh sebesar 21 exabyte pada tahun 2011, dengan sekitar 2 exabyte (9%) digunakan pada SSD, sisanya (91%) digunakan pada smartphone dan perangkat konsumen lainnya.1 Biaya yang dikeluarkan untuk membangun sebuah pabrikasi besar yang mampu menghasilkan 3,75 exabyte memori flash NAND non-volatile adalah $10 miliar.2 Terlebih, pabrikasi besar—komitmen minimum untuk setiap peningkatan yang signifikan dalam produksi NAND—memakan waktu dua hingga tiga tahun untuk mencapai produksi penuh. Pabrikasi-pabrikasi yang lebih kecil hanya menyumbang sedikit terhadap besarnya permintaan penyimpanan laptop.

Dapatkah produsen flash NAND mengimbangi permintaan penyimpanan PC laptop?

Dengan asumsi seluruh tambahan NAND digunakan untuk hard disk solid state, investasi $10 miliar2 tersebut akan menghasilkan cukup memori flash untuk melayani 4 persen saja dari 95 exabyte pasar penyimpanan laptop yang diproyeksikan untuk tahun 2011. Menghabiskan $10 miliar2 untuk membeli 4 persen pangsa pasar penyimpanan notebook, atau $2 miliar2 dalam pendapatan, tidak dapat dilakukan.
Untuk melayani seluruh pasar penyimpanan PC laptop pada tahun 2010, diperlukan investasi senilai $170 miliar2 untuk membangun pabrikasi-pabrikasi memori flash NAND. Pada tahun 2011, dibutuhkan investasi pabrikasi sebesar $250 miliar2 untuk memenuhi permintaan kapasitas hard disk terproyeksi untuk seluruh laptop. Namun biaya pabrikasinya saja sudah mencapai $10 miliar2. Ini belum termasuk NAND, operasional, penyusutan nilai pabrikasi, dan biaya-biaya signifikan lainnya.

Kapasitas pabrikasi terinstal di seluruh dunia diperkirakan akan tumbuh dari 11,5 exabyte pada tahun 2010 hingga 21 exabyte pada tahun 2011, sebuah peningkatan 82% yang mencengangkan. Namun ingat, hanya 9%, atau sekitar 2 exabyte, dari NAND yang akan digunakan pada SSD. Meskipun pada tingkat pertumbuhan lebih dari 80 persen yang mengesankan, dengan sebagian besar dari NAND akan digunakan pada perangkat konsumen, jurang pemisah antara kapasitas produksi memori flash NAND untuk SSD dan permintaan terhadap penyimpanan laptop akan terus melebar.

Berapa pun besarnya bagian kapasitas produksi dari sebuah pabrikasi besar yang didedikasikan untuk flash NAND digunakan pada SSD, keuntungan investasi akan tetap sulit untuk dipertimbangkan mengingat sedikitnya pasar yang tersedia untuk SSD laptop. Kapasitas tambahan sebesar apa pun akan menjadi putusan lebih baik untuk melayani pasar smartphone, tablet, dan produk konsumen lainnya untuk satu alasan penting: Produsen NAND dapat mempertahankan hasil yang jauh lebih tinggi dengan harga lebih rendah kepada NAND kelas konsumen karena persyaratan spesifikasi kinerja dan keandalannya lebih mudah dibandingkan untuk PC laptop.

Kesimpulannya: Hard disk masih akan menguasai sebagian besar pasar laptop selama beberapa tahun ke depan karena para produsen SSD tetap kewalahan dalam memenuhi permintaan penyimpanan laptop yang terus tumbuh.

Hard disk solid state hibrida

Memori flash memberikan alternatif jawaban dalam memenuhi permintaan kinerja pada PC laptop yang didominasi oleh hard disk, yang tidak dapat dilakukan SSD sendirian. Dan sementara permintaan flash NAND terbesar di seluruh dunia adalah untuk produk-produk konsumen seperti pemutar MP, ponsel, dan kamera, Seagate yakin bahwa ada cukup cahaya untuk menerangi peluang yang terlihat bagi perusahaan dan penyimpanan solid state hibrida.

Dengan mengintegrasikan sejumlah kecil flash ke dalam hard disk dan menciptakan hard disk solid state (SSHD), para pengguna akan memperoleh manfaat kinerja yang sangat banyak dari teknologi flash tanpa perlu tambahan biaya. Solusi penyimpanan hibrida menerapkan kecerdasan untuk memperoleh kinerja tertinggi yang sangat hemat biaya dari kedua teknologi solid state dan hard disk. Selain itu, apabila dikemas dalam bentuk 2,5 atau 3,5 inci kemudian ditambah kecerdasan internal, SSHD siap menjawab tantangan kebutuhan kapasitas, kinerja, dan harga tanpa gangguan berarti pada pengalaman pengguna.

Meningkatkan keandalan

Selain menjawab tantangan bagaimana memperoleh kinerja dengan biaya hemat, SSHD juga ikut andil dalam menutup sejumlah kelemahan pada hard disk dan perangkat SSD untuk menyajikan keandalan lebih tinggi dari sebuah solusi hibrida.

Oleh karena di dalam hard disk terdapat disk yang berputar, keausan dan toleransi terhadap guncangan yang semakin rendah adalah mekanisme yang tidak dapat dihindari jika dibandingkan dengan sebuah flash disk. Perusahaan hard disk terus menekan laju kegagalan tahunan (AFR) dan meningkatkan waktu rata-rata sebelum kegagalan (MTBF), namun jaminan keandalan tetap memiliki batas tidak peduli teknologi apa pun. SSHD mengimbanginya dengan mengarahkan penyimpanan data prioritas tinggi ke SSD agar lebih cepat diakses dan lebih aman.

Solid state memiliki masalahnya sendiri dengan siklus tulis dan retensi data Seperti baterai, SSD perlahan kehilangan kemampuannya menyimpan daya (yaitu menyimpan data) apabila digunakan terlalu sering (menghapus/menulis). Pencegah keausan hanya akan menunda fenomena ini namun memecah data dan memperlambat kinerja. Dan melakukan defrag untuk memulihkan kecepatan hanya akan menambah keausan pada hard disk. SSHD membantu mengatasi kelemahan ini dengan menulis dan menghapus data yang jarang diakses ke hard disk.

Berbicara mengenai hard disk, pertumbuhan kapasitas akan selalu terjadi, entah tampilan yang berubah atau keandalan yang terus ditingkatkan. Namun, apa yang menjadi pusat perhatian adalah kemampuan para pemasok penyimpanan untuk tampil beda dalam hal kinerja. Teknologi SSHD dengan kecerdasan internal adalah jalur alami yang memungkinkan perbedaan tersebut.


smbr:seagate.com
Recovery Data Jogjakarta 

@DataRecoveryk  

DataYK

0 komentar:

Posting Komentar