Waktu yang perlu dijaga seperti ini

  • 1,5 tahun pertama harddisk kemungkinan gagal kerja sampai 5.1%.
  • Memasuki 1,5 tahun maka harddisk mati akan semakin kecil, sekitar 1.4% pertahun. Periode 1,5 - 3 tahun adalah waktu aman mengunakan harddisk
  • Setelah 3 tahun kegagalan akan meningkat drastis sampai 11,8% pertahun. Harddisk masuk masa kritis.
Bila memiliki harddisk sudah berumur 3 tahun, dan sedang mengerjakan tugas atau sangat tergantung dengan harddisk. Ada baiknya rutin melakukan backup. Karena harddisk setelah 3 tahun sudah memasuki umur kritis. Belum tentu rusak, tapi ada kemungkinan gagal kerja setelah 3 tahun pemakaian.

Menjadi pertanyaan, apakah mereka menguji dengan pemakaian biasa. Dari data diatas sebenarnya tidak, bicara Google dan Backblaze dipastikan membicarakan harddisk di server. Dan bekerja 24 jam sehari. Tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan penguna biasa, kecuali di kalangan kooperasi dengan storage di server mereka.

Bila 3 tahun untuk pemakaian server, akan berbanding 12 tahun lebih bagi penguna rumahan dan kantoran. Umumnya penguna harddisk biasa hanya mengunakan harddisk selama 8 jam perhari. Perbandingan kedua juga tidak bisa dibenarkan. Mengingat kegagalan harddisk bisa disebabkan banyak hal. Bisa saja sebuah harddisk data di data center tidak terus menerus mengakses harddisk alias sesekali saja mengambil data, sedangkan di computer biasa lebih intensif melakukan boot, membaca dan menulis data dan lainnya untuk pekerjaan sehari hari.

Dibawah ini grafik lebih jelas tentang kegagalan harddisk. Dapat dijadikan referensi atas pola kerusakan harddisk. Diambil dari data harddisk yang rusak dan lamanya bekerja sampai harddisk akhirnya mati.



Total harddisk yang tetap berjalan sampai 4 tahun
Sebagian besar harddisk tetap bekerja dengan baik. Dalam waktu 4 tahun ada 80% harddisk tetap jalan di ruang server.




Diperkirakan harddisk akan tersisa separuh (50%) tetap bekerja sampai 6 tahun bekerja. Walau data belum bisa dipastikan oleh Backblaze.



Belajar dari pengalaman Backblaze layanan storage

  1. Tidak ada yang bisa memastikan berapa lama umur harddisk.
  2. Pentingnya secara rutin membackup data.
  3. Kegagalan harddisk bisa datang lebih cepat karena sesuatu hal. Seperti kegagalan komponen pada 1-2 tahun pemakaian.
  4. Bila digunakan secara umum saja, harddisk yang prima bisa berumur lebih lama.
  5. Tetapi tergantung siapa yang memakai, seberapa intensif keluar masuk pada harddisk, kondisi suhu harddisk dan kualitas power bagi harddisk dapat mempersingkat umur harddisk
Sayangnya Backblaze tidak mencantumkan merek dan tipe harddisk yang gagal kerja. Setidaknya informasi tersebut dapat bermanfaat bagi penguna computer.
smbr:obengplus.com