Support

Kamis, 18 September 2014

Filled Under: , , , , ,

Penyebab Hardisk Tidak Terbaca

Data Recovery Yogyakarta


Pernah mengalami HDD atau Harddisk Drive tidak terbaca oleh bios atau sistem operasi di komputer. Tentunya jika yang pernah mengalami hal tersebut pasti kebakaran jenggot, karena mengira data-data atau dokumen yang ada di harddisk akan musnah. Namun jangan panik berlebihan, ada cara untuk mengatasinya. Secara Umum, harddisk yang tidak terbaca atau terdeteksi kemungkinan karena tidak terdeteksi oleh bios, kelasahan dalam memasang kabel bios, piringan Harddisk tidak berputar, kesalahan memasan jumper atau kemungkinan paling buruk adalah harddisk memang benar benar sudah rusak.

1. Harddisk tidak terdeteksi BIOS

Ketika anda masuk BIOS ternyata hardisk tidak terbaca, kemungkinan yang terjadi adalah kesalahan pada pengaturan atau setting pada BIOS tersebut, dimana Harddisk disetting OFF atau DISABLE pada akhirnya harddisk tidak terbaca, SOLUSINYA adalah dengan mengatur harddisk dalam keadaan ON atau ENABLE.
2. Kesalahan pada Pemasangan Kabel Harddisk
Kesalahan kecil ini sering terjadi jika anda kurang memperhatikan pada saat pemasangan kabel harddisk, seperti pin yang bengkok atau patah , kabel bengkok, kesalahan memasang yang tidak sesuai dengan tempatnya, atau kabel putus. SOLUSINYA anda harus memasang ulang kabel yang menghubungkan Harddisk dengan mainboard dan power supply dengan hati hati dan seksama, serta perhatikan kabel, apakah kabel masih dalam keaddan baik atau tidak.


3. Piringan Harddisk tidak berputar

Kemungkinan piringan harddisk tidak berputar adalah aliran listrik yang kurang memadai, atau memang tidak ada aliran listrik yang masuk. Solusinya adalah coba periksa ulang kabel power hardisk apakah dalam keadaan baik , coba tukar dengan kabel power yang lainnya, namun jika piringan masih tidak berputar kemungkinan terjadi kesalahan pada harddisk itu sendiri.
4. Kesalahan pemasangan Jumper.
Kesalahan ini mungkin jarang terjadi, namun jika terjadi kesalahan pada pemasangan jumper tentunya harddisk akan bermasalah, apalagi memasang pin di master dan slave sekaligus dalam satu harddisk, berikut ini gambar pemasangan jumper yang benar.

Selain kesalahan seperti diatas, mungkin ada penyebab atau faktor lain yang membuat harddisk tidak terbaca, sebaiknya jika ada tidak terlalu paham dengan permasalahan harddisk tanyakan ke service center terdekat, untuk mencegah kerusakan yang lebih parah . (KSK)

smbr:cyberdeso

 Recovery Data Jogjakarta


 @DataRecoveryk

0 komentar:

Posting Komentar