Support

Rabu, 10 September 2014

Filled Under: , ,

Harddisk Bad Sector? Kenali Delapan Penyebabnya

Data Recovery Yogyakarta


Tidak Ingin Harddisk Bad Sector? Kenali Delapan Penyebabnya


Harddisk bad sector merupakan istilah yang terkait dengan masalah kerusakan HDD atau Harddisk Drive. Istilah ini mengacu pada bahwa dalam HDD terdapat blok dan sector tempat disimpannya berbagai data. Bila sebuah HDD mengalami kerusakan, maka biasanya ditandai dengan tidak terbacanya data yang bersangkutan atau ketika melakukan booting sistem operasi tidak berjalan dengan lancar. Hal ini biasanya terjadi karena sektor didalamnya mengalami kerusakan. Keadaan yang seperti inilah yang memunculkan istilah tersebut. 
 
Harddisk bad sector sendiri sering terjadi pada HDD dalam keadaan yang tidak terduga. Artinya meskipun HDD tersebut dalam keadaan baru, bisa saja karena hal tertentu, HDD tersebut mengalami bad sector atau kerusakan didalamnya. Terkadang kerusakannya hanya beberapa blok namun tentunya hal ini cukup mengganggu. Apalagi bila data yang disimpan di dalam HDD merupakan data yang sangat penting. 
 
Lantas, mengapa HDD bisa mengalami bad sector? Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan sebuah kondisi harddisk bad sector. Bila Anda tidak menginginkan HDD Anda terkena bad sector, maka sebaiknya kenali ciri-ciri atau penyebab HDD bisa mengalami bad sector berikut ini. 
 
•    Mematikan Komputer Sembarangan 
HDD ternyata bisa disebabkan karena seringnya sebuah komputer dimatikan sembarangan. Atau dalam kata lain main cabut kabel saja. Umumnya para pemula yang tidak mengetahui cara mematikan komputer lewat fitur shut down seringkali melakukan hal ini. Selain itu, keadan listrik juga cukup berpengaruh. Artinya komputer mati tiba-tiba karena suatu daerah sering mati listrik. Alasan inilah yang membuat kondisi harddisk bad sector bisa terjadi. Pemutusan arus secara tiba-tiba yang sering terjadi ternyata merusak sistem yang ada di dalam HDD. 
 
•    Tidak Melakukan Defragment 
Kondisi harddisk bad sector seringkali terjadi akibat pengguna tidak pernah melakukan defragment. Hal ini seringkali disepelekan oleh pengguna komputer. Padahal proses defragmentasi HDD merupakan langkah yang sangat penting. Langkah ini ibarat kondisi rumah kamar yang berantakan kemudian dirapikan. Bila tidak melakukan proses ini biasanya komputer akan mengalami kinerja lamban akibat tidak rapihnya data yang tersimpan pada blok-blok HDD. Bila pada kondisi tertentu keadaan tidak rapih ini memuncak, maka kondisi harddisk bad sector pasti terjadi. 
 
   Virus 
Virus ternyata bisa menyebabkan kondisi harddisk bad sector. Mengapa bisa? Tentu saja bisa mengingat sifat virus yang beragam yang umumnya merusak sistem operasi. Akibat sistem yang rusak, maka kadang pengguna komputer sering melakukan proses restart yang dalam hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada HDD. 
 
•    Faktor Usia 
Harddisk yang sudah lama seringkali mengalami kondisi harddisk bad sector. Kondisi ini umum terjadi, apalagi untuk harddisk atau HDD yang sudah berumur lebih dari lima tahun. Dengan pemakaian yang cukup sering, maka sudah tidak heran lagi jika HDD mengalami kerusakan baik sektornya maupun secara fisik. 
 
•    Bencana 
Bencana tentunya merupakan sebuah fenomena yang tidak diinginkan. Keadaan ini seringkali tidak diduga. Bisa saja pada saat tertentu komputer terkena benda keras akibat suatu kejadian. Dan hal ini tentunya merusak perangkat keras di dalamnya sehingga kondisi harddisk bad sector tidak bisa dihindarkan. Kondisi serupa bisa terjadi akibat misalnya HDD terjatuh dan mengalami goncangan. 
 
•    Medan Elektormagnetik 
Ternyata medan elektromagnetik bisa menyebabkan kondisi harddisk bad sector. Hal ini karena di dalam HDD pun terdapat medan magnet yang cukup tinggi. Untuk itu hindari penempatan HDD pada tempat-tempat dengan medan elektormagnetik yang juga tinggi seperti speaker aktif ataupun ponsel. 
 
•    Masalah Powet Supply Unit (PSU) 
 
PSU atau power supply unit ternyata cukup berpengaruh. Unit catu daya komputer ini perlu diperhatikan agar tegangan untuk HDD tetap stabil. Gunakanlah power supply yang baik agar kondisi harddisk bad sector bisa dihindari. 
 
•    Suhu Harddisk 
Keadaan atau kondisi suhu harddisk ternyata cukup berpengaruh pula. Suhu Harddisk yang terlalu panas akibat kurangnya pengaturan kipas pada kasing bisa menyebabkan harddisk bad sector. Maka dari itu para pengguna komputer tampaknya harus memperhatikan perihal pengaturan udara ini. Selain suhu harddisk yang  panas, suhu komputer yang lembab pun bisa mengakibatkan bad sector. Biasanya sebuah komputer yang lembab diakibatkan karena komputer tersebut jarang digunakan. Akibatnya, timbul jamur pada piringan harddisk yang tentunya membuat HDD menjadi rusak. 
 
Kesimpulan
Demikianlah penjelasan tentang penyebab kondisi harddisk bad sector bisa terjadi. Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini, para pengguna komputer bisa lebih hati-hati dan mampu merawat harddisk.
 sbr:gadgetinfo

  @DataRecoveryk

0 komentar:

Posting Komentar