Support

Sabtu, 16 Agustus 2014

Filled Under: , , ,

Pentingnya Backup Data

Pentingnya Backup Data



Backup data / file komputer merupakan hal yang cukup sederhana namun sering kali dilupakan. Kebanyakan orang yakin tidak akan kehilangan data-data yang mereka miliki. Padahal harddisk komputer merupakan komponen yang sangat mungkin untuk rusak, entah apapun penyebabnya. Flashdisk mudah hilang dan mempunyai lifetime yang tidak bisa ditebak.
Pernahkah terbayang jika kamu hanya menyimpan data-data penting di satu tempat, misalnya di komputer pribadi / laptop? Lalu apa yang terjadi ketika tiba-tiba komputer kamu terserang virus? Tidak ada yang bisa menjamin keutuhan data-data yang kamu miliki. Bisa saja data kamu dirusak oleh virus, dimodifikasi, atau bahkan dihapus. Siapa tahu?

Fakta Berbicara

Pentingnya backup data sering kali dilupakan bahkan oleh orang yang mempunyai data-data penting yang sangat banyak. Saya tidak akan menceritakan secara gamblang, yang jelas ada seorang kepala institusi yang kerepotan sewaktu harddisk komputernya rusak. Dia tidak mempunyai backup data dimanapun. Semua data hanya ada di satu komputer, satu harddisk. Bukan hanya pemilik komputer itu yang terkena masalah, orang-orang di sekelilingnya pun ikut terkena imbasnya, karena data-data yang terdapat di komputer itu tidak hanya data pribadi, tetapi juga data-data umum yang diperlukan staf kerja lain.
Pernah mendengar mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan ulang dokumen skripsinya karena datanya hilang? Ya, itu pernah terjadi, paling tidak saya pernah beberapa kali mendengarnya secara langsung. Dia beralasan kalau keterlambatan pengumpulan dokumen skripsi terjadi karena dia harus menulis ulang dokumen yang rusak terkena virus. Kalau sudah begini siapa yang rugi?
Jika data yang hilang adalah satu lembar surat buatan sendiri, mungkin dengan waktu singkat kita dapat membuatnya ulang. Bagaimana jika data yang hilang tersebut merupakan hasil kerja keras selama berbulan-bulan? Bagaimana jika data yang hilang merupakan kenangan, data yang tidak mungkin dibuat ulang?

Pemulihan Data

Umumnya data yang kita hapus akan masuk ke recycle bin. Setelah data dihapus dari recycle bin, data tersebut sudah tidak akan terlihat lagi. Tidak terlihat bukan berarti tidak ada :D . Di windows kita dapat memulihkan (menampilkan kembali) data yang kita hapus dengan bantuan software seperti recuva.GNU/Linux mempunyai software bawaan untuk melakukan tugas pemulihan data, sedikit panduan pemulihan bisa kamu ikuti diwww.cyberciti.biz.
Perlu diingat bahwa proses pemulihan data tidak akan 100% sukses! Kebanyakan proses pemulihan data hanya akan mengembalikan sedikit, dari banyak data yang hilang. Hal ini terjadi karena data yang sudah terhapus tertimpa data yang lain, sehingga menjadi “benar-benar terhapus”. Data yang rusak karena virus pun sulit untuk dipulihkan, semua tergantung “tingkat kejahatan” virus tersebut. Flashdisk, CD/DVD, harddisk eksternal dapat dengan mudah hilang kalau kamu tidak menjaganya dengan baik. Jika ini terjadi, silahkan ucapkan selamat tinggal :D .

Media Penyimpanan

Media untuk melakukan backup data bisa bermacam-macam. Data bisa di-backup ke harddisk lain dalam satu komputer, ke CD/DVD, ke flashdisk, ke harddisk eksternal, ke komputer/laptop temen, atau media penyimpanan di Internet. CD/DVD bukan merupakan media yang tepat untuk backup data, karena CD/DVD merupakan media yang rentan rusak. Selain itu sulit untuk menambahkan data baru ke CD/DVD yang sudah terisi. Komputer temen juga bukan merupakan pilihan yang baik, karena mereka mungkin tidak ada ketika kita membutuhkan data yang kita backup, yaa namanya juga temen. Hehe
Harddisk lain di satu komputer (bukan partisi lain di satu harddisk) merupakan pilihan yang mudah, namun kebanyakan orang lebih memilih untuk mengganti harddisk ke volume yang lebih besar jika harddisk mereka sudah penuh. Padahal harddisk lama masih dapat digunakan untuk media backup. Harddisk eksternal dan flashdisk sudah menjadi pilihan utama orang untuk backup data (khusus orang-orang yang sadar akan pentingnya backup data). Flashdisk mempunyai volume yang tidak begitu besar untuk memuat semua backup data, tetapi mempunyai portabilitas yang tinggi (bisa dibawa kemana-mana). Harddisk eksternal mempunyai portabilitas yang cukup tinggi dan volume yang rata-rata besar, sangat cocok untuk backup data.
Media penyimpanan data di Internet (online) cukup banyak, mungkin akan saya bahas di artikel lain. Contoh media penyimpanan online yang memang ditujukan untuk membantu penggunanya dalam mem-backup data adalah dropbox,sugarsync, dan spideroak.

Otomatisasi

Salah satu penyebab malasnya orang mem-backup data adalah rasa repot dalam mem-backup data. Mereka merasa harus bekerja keras untuk meng-copy file dan folder yang banyak dan berbeda-beda lokasi. Hal yang sedang saya tulis sekarang adalah backup data komputer. Jika kita bicara tentang komputer, maka hampir selalu ada cara untuk meng-otomatisasi kerja kita, termasuk backup data. Software favorit saya untuk backup data adalah bvckup (bukan salah ketik, memang namanya seperti itu). Tampilan yang sederhana dan menarik, penggunaan yang simpel, cepat, dan mudah adalah kelebihan dari bvckup. GNU/Linux seperti ubuntu dan fedora bisa menggunakan luckyBackup yang merupakan favorit banyak pengguna GNU/Linux.
Dengan adanya software-software ini, seharusnya faktor malas sudah bisa dihilangkan, semua proses backup akan dilakukan secara otomatis.

Minimal 2 Media

Saya selalu merasa satu backup tidaklah cukup. Apabila harddisk komputer saya rusak, saya masih mempunyai backup data di harddisk eksternal. Lalu apa yang terjadi jika harddisk eksternal saya rusak/hilang? Semua usaha mem-backup, walaupun sudah dibantu software, akan terasa sia-sia. Lain ceritanya jika saya mempunyai media backup yang lain, misalnya di dropbox. Meskipun sedih harddisk komputer dan harddisk eksternal saya rusak, tetapi hati akan sedikit terobati.
Bagaimana jika saya sudah membuat beberapa backup data, dan semuanya rusak/hilang? Misalnya data utama saya ada di komputer, backup data ada di harddisk eksternal dan dropbox. Lalu harddisk komputer saya rusak, harddisk eksternal saya dicuri orang, dropbox bangkrut dan mereka (staf dropbox) tidak mau bertanggung jawab dengan menghapus semua data. Apa yang harus kita lakukan? Bersabarlah, mungkin memang ini sudah menjadi takdir :D . Cerita saya barusan kecil kemungkinan untuk terjadi, dan jika memang terjadi, paling tidak saya sudah berusaha untuk membuat hidup saya menjadi lebih baik.

Pemborosan

Kalau kamu mengikuti saran saya untuk selalu mem-backup data, bahkan ada dua backup di dua media yang berbeda, mungkin kamu merasa telah/akan terjadi pemborosan ruang (disk space). Mungkin kamu sempat berfikir ruang harddisk yang kamu miliki bisa kamu manfaatkan untuk keperluan lain, misalnya untuk menyimpan jutaan lagu, puluhan DVD film, dll. Terkadang saya juga berfikir seperti itu, tetapi semua keuntungan dalam mem-backup data telah saya rasakan. Saya tidak merasa repot, bingung, dan frustasi, ketika kehilangan data di satu tempat, saya masih punya backup di tempat lain.
Triknya adalah backup data yang kamu rasa itu penting dan butuhkan, entah untuk sekarang atau dikemudian hari. Jangan mem-backup data-data yang tidak/kurang penting, apalagi mem-backup keseluruhan data yang kamu miliki. Hal ini akan memakan waktu yang banyak dan pasti akan jadi pemborosan ruang harddisk. Contoh data yang sebaiknya jangan di-backup adalah software-software bajakan (eh…), file-file mp3 bajakan (lho?!), dan file-file sistem operasi yang di-backup juga percuma, karena file-file tersebut tidak akan bermanfaat untuk kamu.

Kesimpulan

Backup data merupakan tindakan preventif yang sangat perlu untuk dilakukan semua pengguna komputer. Pilihlah media penyimpanan backup yang paling tepat untuk kamu, dan buatlah dua backup di dua media penyimpanan yang berbeda dengan bantuan software, sehingga proses backup menjadi otomatis.
Semoga artikel ini bisa membantu meyakinkan pembaca akan pentingnya backup data.

smbr:apenk

1 komentar:

  1. Thanks infonya! Jadi makin tahu apa pentingnya recovery data. Kunjungi juga..data recovery jakarta :)

    BalasHapus